Local Optimum dan Global Optimum

Apa perbedaan antara global optimum dan local optimum. Dalam mencari perbedaan antara metode global optimum dan lokal optimum, perleu terlebih dahulu kita mengetahui pengertian masing-masing global optimum dan local optimum.

Local optimum adalah nilai optimal yang dapat dicapai oleh sebuah algoritma berada dalam rentang nilai tertentu yang telah dibatasi. Contoh algoritma yang menerapkan konsep local optimum adalah Neural Network.



Hasil dari metode local optimum biasanya bergantung dari nilai minima dan maxima. Jika dalam suatu permasalahan yang ingin dicari solusinya terdapat beberapa nilai minima atau maxima, maka sangat mungkin pada kasus tersebut terdapat local optimum. Walaupun seperti itu, diantara local optimum tetap dapat dicari satu global optimum. Namun, terkadang global optimum tersebut bukan lah solusi yang terbaik, sehingga dalam kasus seperti ini, local optimum tetap menjadi solusi pilihan. Beberapa contoh algoritma dengan local optimum dapat dibaca pada artikel ini dan artikel ini.

Berbeda dengan local optimum, Global optimum adalah nilai optima yang didapat oleh sebuah algoritma merupakan nilai optimal dari keseluruhan rentang input data. Proses pencarian global optimum pun melibatkan keseluruhan data yang akan diproses atau dicari.Contoh algoritmanya adalah SVM (Support Vector Machine).

Sederhananya seperti ini, kita ingin mencari nilai terbaik bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus. Maka kita akan mencari nilai tertinggi terhadap semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus baik yang lulus ataupun tidak lulus. Nah, proses pencarian ini akan menghasilkan nilai global optimum, karena nilai yang didapatkan merupakan nilai terbaik dari keseluruhan data.

Biasanya metode global optimum melakukan pencarian berdasarkan distribusi suatu nilai atau masukan. Seperti pada contoh sebelumnya, nilai tertinggi bagi matakuliah kalkulus harus dicari dari semua mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus.

Jadi kalau global optimum mencari nilai optimal dari keseluruhan input sedangkan local optimum hanya mencari nilai optimum dalam rentang waktu tertentu.  Beberapa contoh algoritma dengan global optimum dapat dibaca pada artikel ini.


0 Komentar untuk "Local Optimum dan Global Optimum"

Back To Top