Pengertian Pengenalan Pola

Apa itu pengenalan pola

Pengenalan pola adalah proses mengenali dan menyimpan data yang berulang-ulang muncul dari suatu objek. Yang menjadi dasar adalah perulangan data yang muncul tersebut yang menjadi objek penelitian.



Pengenalan pola merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai "tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data" . Dengan demikian, ia merupakan himpunan kaidah bagi pembelajaran diajarkan (supervised learning).

Ada beberapa definisi lain tentang pengenalan pola, di antaranya: Penentuan suatu objek fisik atau kejadian ke dalam salah satu atau beberapa kategori. Ilmu pengetahuan yang menitikberatkan pada deskripsi dan klasifikasi (pengenalan) dari suatu pengukuran. 

Suatu pengenalan secara otomatis suatu bentuk, sifat, keadaan, kondisi, susunan tanpa keikutsertaan manusia secara aktif dalam proses pemutusan. Berdasar beberapa definisi di atas, pengenalan pola bisa didefinisikan sebagai cabang kecerdasan yang menitik-beratkan pada metode pengklasifikasian objek ke dalam klas - klas tertentu untuk menyelesaikan masalah tertentu.

Salah satu aplikasinya adalah pengenalan suara, klasifikasi teks dokumen dalam kategori (contoh. surat-E spam/bukan-spam), pengenalan tulisan tangan, pengenalan kode pos secara otomatis pada sampul surat, atau sistem pengenalan wajah manusia. Aplikasi ini kebanyakan menggunakan analisis citra bagi pengenalan pola yang berkenaan dengan citra digital sebagai input ke dalam sistem pengenalan pola.

Pengenalan pola sangat terkait dengan visi komputer atau computer vision. Kenapa demikian? Karena pengenalan pola biasanya diterapkan pada sistem visi komputer. Apa pengertian visi komputer dan bagaimana cara kerjanya? silahkan baca lebih lanjut pada artike ini.
0 Komentar untuk "Pengertian Pengenalan Pola"

Back To Top